Total Tayangan Halaman

Jumat, 02 Maret 2012

pidato gue buat praktek..

Bangga menjadi bangsa indonesia

Selamat pagi ibu guru dan teman teman yang saya hormati. Pertama tama mari kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa oleh karena berkat rahmat nya kita dapat berkumpul di tempat ini denagn tak kurang satu apapun. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu guru dan teman-teman atas kesempatah yang telah diberikan untuk membawakan pidato saya yang berjudul "Bangga Menjadi Bangsa Indonesia."

Sebagaimana kita tahu negara kita adalah negara kepulauan yang terdiri dari 13.000 pulau dan memiliki 33 provinsi dengan lebih dari 238 juta orang serta negara dengan populasi terbanyak nomor 4 di dunia. Indonesia kdikenal sebagai negara yang ramah juga bersahabat dan memiliki banyak potensi yang dapat membuat indonesia bertumbuh menjadi negara yang maju. Lokasi yang strategis, iklim yang dapat mendukung lahan, alam yang indah, berbagai macam budaya juga aspek pariwisata. Indonesia terletak antara Benua Asia dan Benua Australia juag Samudra pasifik dan Samudra Hindia, hal tersebut membuat Indonesia menjadi tempat komersial yang tetap ada. Ukuran Indonesia, iklim tropis, dan geografis kepulauan mendukung Indonesia memeliki kenaekaragaman hayati terkaya di dunia setalah Brazil. Indonesia memiliki banyak spesies unik seperti harimau, gajah, badak, orang utan juga komodo yang telah terpilih menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia. Sungguh fakta yang menarik bukan. Selain semua itu, masih banyak lagi fkta menarik tentang kekayaan dan keunikan negara kita.

Namun sangat disayangkan bahwa terdapat fakta yang ironis tentang orang-orang indonesia. Beberapa bahkan banyak orang orang Indonesia yang meremehkan negara nya sendiri dan tidak bangga menjadi Bangsa Indonesia. Sebagai ilustrasi nya jika ada 10 orang yang ditanya dengan pertanyaan, "Negara manakah yang menurut anda unik dan anda idolakan?" hanya ada 5 dari 10 orang yang mengatakan, "Saya bangga dengan negara saya sendiri."  Ini fakta bahwa banyak orang indonesia meremehkan negara nya sendiri. Mereka berpikir bahwa Indonesia tidak pantas menjadi kebangaaan mereka. Indonesia tidak mampu membuat suatu perubahan dan kemajuan. Terkadang Indonesia kalah dengan negara lain dan Indonesia tidak dapat membuat mereka bangga. Tapi apakah kita setuju dengan pernyataan seperti itu ? Apakah anda pikir Indonesia tidak mempunyai kesempatan untuk tetap bertumbuh ? Apakah menurut anda Indonesia adalah negara yang tidak dapat kita banggakan ? Itu konyol jika kita jawab "Ya." Lalu jika beberapa orang indonesia tidak mau mendukung negara kita, siapa yang ambil bagian tersebut dan menggantikan mereka untuk mendukung negara kita ? Tidak ada. Lalu bagaimana Indonesia dapat berkembang menjadi negara yang maju jika tidak ada yang mau mendukung nya ? Saya mengerti jika sayang bertanya mengapa beberapa dari mereka memiliki pendapat tersebut, kita tidak dapat memungkiri bahwa mereka mungkin mengatakan bahwa Indonesia mendapat banyak sekali masalah di berbagai sapek, korupsi, kelaparan, kemiskinan, gerakan-gerakan separatis (GAM & RMS). Banyak sekali masalah, dan hal tersebut memang menyulitkan dan membuat mereka lebih memilih untuk melirik negara lain dibanding negara nya sendiri sebagai idola mereka sehingga muncul perbandingan antara negara kita dan negara lain juga muncul pernyataan bahwa Indonesia tidak dapat bersaing di era globalisasi ini.

Tapi itu bukanlah suatu alasan. Mengapa ? Sebagai generasi muda kitalah penerus bangsa yang membangun negara kita dengan usaha dan kreativitas kita. Jika kita tidak ingin melihat negara kita terpuruk, jangan hanya duduk diam dan berpangku tangan, mengkritik pemerintahan serta lingkunagn kita dengan berbagai pendapat kita. Tapi tunjukan partisipasi kita, sebagai murid minimal berikan teladan dan prestasi terbaik kita. Apakah anda tahu ? Inilah Tugas kita, tanggung jawab kita untuk memerangi korupsi, kolusi dan nepotisme. Inilah tugas kita untuk menjaga budaya dan negara kita tetap bertahan di era globalisasi ini. Jadi sekaranglah waktu nya untuk menunjukan bahwa kita bangga menjadi Bangsa Indonesia, tunjukan kebanggan kita dengan cara mendukung dan berapresiasi bagi negara ataupun orang-orang di sekitar kita. Inilah tugas dan kewajiban kita, kita lahir di tanah ini, kita tinggal di tempat ini, kita hidup bersama dengan bangsa ini jadi sudah sepatut nya lah kita bangga menjadi bangsa ini. Jangan hanya mengatakan anda bangga menjadi bangsa indonesia hanya karena indonesia punya Bali dan Borneo yang terkenal, Indonesia memiliki penyanyi berbakat seperti agnes monica atau Indonesia punya Bambang Pamungkas dan Taufik Hidayat yang anda idolakan. Tapi tunjukan bahwa anda mencintai dan bangga dengan seluruh aspek di Indonesia ini.

Akhir kata saya ingin mengucapkan dan mengingatkan kembali bahwa jangan hanya merasa cukup untuk mengatakan, "Saya bangga menjadi bangsa indonesia." Tapi buatlah Indonesia bangga memiliki anda. Terimakasih atas perhatian teman-teman dan Ibu Guru. Mohon maaf jika ada pernyataan yang menyinggung perasaan. Selamat siang dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar